RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII/1
Tahun Ajaran :
2009 - 2010
Standar
Kompetensi :
-
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar :
-
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
-
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan dalam pemecahan masalah
Indikator :
-
Memberikan contoh bilangan bulat
-
Menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan
bilangan negatif
-
Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan
-
Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan
pangkat bilangan bulat termasuk operasi campuran
-
Menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan
negatif dengan negatif dan positif dengan positif
-
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat
-
Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
-
Menemukan dan menggunakan sifat perkalian, pembagian
dan perpangkatan bilangan bulat berpangkat untuk menyelesaikan masalah
-
Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan
pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil
-
Mengubah bentuk pecahan ke bentuk yang lain
-
Mengurutkan pecahan dan menentukan letaknya pada garis
bilangan
-
Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi
dan pangkat dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian
sehari-hari
-
Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku
-
Melakukan pembulatan bilangan pecahan sampai satu atau
dua desimal
-
Menaksir hasil operasi hitung bilangan pecahan
Alokasi
Waktu: 24 jam pelajaran (12 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
-
Siswa dapat menggunakan sifat-sifat operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
- Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1 dan 2
1. Bilangan bulat terdiri dari: bilangan
bulat positif, bilangan nol, bilangan bulat
2. Sehingga bilangan bulat adalah: ..., -4,
-3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, ...
1.
Permil artinya per seribu, dilambangkan dengan ‰
C. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan
penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
1.
Siswa diberi pemahaman tentang bilangan bulat
2.
Siswa diingatkan tentang contoh bilangan bulat
Motivasi:
Memotivasi akan
pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami bilangan bulat
Kegiatan Inti
1. Dengan informasi, siswa diajak memahami
bilangan bulat
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh
mengurutkan bilangan bulat
3. Dengan
berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami urutan bilangan bulat pada
garis bilangan
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang mengenal
bilangan bulat pada buku lks dan buku
penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan
bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa
dan guru melakukan refleksi
3.
Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1.
Alat
: kalkulator, penggaris
2.
Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku lain yang relevan
- Lks
Wajar
F. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Suhu yang lebih dingin dari -40C
adalah ....
a. 30C
b. 00C
c. -30C
d. -50C
2. Nyatakan sebagai penjumlahan
dengan lawannya!
a. 6 – 9 = ... + ... = ... c. 12 – (-5) = ....
b. -12 – 8 = ... d.
-11 – (-7) = ....
3. Luas persegi panjang yang
berukuran panjang 32 cm dan lebar 8 cm sama dengan luas suatu persegi.
Hitunglah keliling persegi tersebut!
4. Tentukan dua pecahan di
antara pecahan 2/3 dan 3/5!
5. Suatu balok dengan
perbandingan panjang : lebar : tinggi = 5 : 3 : 2. Jika lebar balok 15 cm, maka
hitunglah:
a. Panjang balok
b. Tinggi balok
c. Volume balok
6. Hitunglah 1/5 +
3/9!
7. Nyatakan
bilangan-bilangan berikut dalam bentuk baku dengan pembulatan sampai dua tempat
desimal!
a. 125,64 b.
876.500 c. 0,032547 d. 0,00009876
8. Lima buah bilangan genap
berurutan jumlahnya 150. Tentukan dua kali bilangan kedua dikurangi setengah
kali bilangan keempat!
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir =
perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
…………………………2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Tiada ulasan:
Catat Ulasan